Senin, 27 Februari 2017

Tutorial Menginstal Monitorix


Assalamualaikum wr.wb
Salam jumpa kawan semua,, masih dengan saya disini.
Seperti biasanya saya pengen berbagi dan mudah-mudahan bermanfaat. Disini kita akan membahas sedikit tentang bagaimana langkah-langkah kita menginstal monitorix. Apa itu monitorix ?? Sedikit pengertian dibawah ini dan langkah instalnya. Mari kita pelajari bersama.

a. Pengertian
Monitorix adalah free open source, alat monitoring yang dirancang untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. 
Monitorix adalah komputer jaringan pemantauan alat yang secara berkala mengumpulkan data sistem dan menggunakan antarmuka web untuk menampilkan informasi dalam grafik. Monitorix memungkinkan pemantauan kinerja sistem secara keseluruhan, dan dapat membantu mendeteksi kemacetan, kegagalan, waktu respon luar biasa panjang dan anomali lainnya.

b. Latar Belakang
Pemantauan terhadap server mungkin dilakukan secara berkala, untuk mengetahui apakah kinerja server tersebut baik-baik saja. Guna untuk memudahkan dalam memantau server tersebut maka monitorix adalah solusinya. Kita tidak harus datang ke tempat server untuk melihatnya, karena kita dapat melihatnya dengan cara kita meremote monitorix tersebut.

c. Tujuan
Untuk memantaukinerja sistem pada server.

d. Alat dan bahan
-Laptop
-Akses internet
-PC Server (OS Debian 8.6)

e. Langkah-langkah

1. Silahkan kalian download dahulu file installer monitori. Ketikkan perintah "wget http://www.monitorix.org/monitorix_3.9.0-izzy1_all.deb"
Link Download tersebut saya dapatkan dari http://www.monitorix.org/downloads.html

 2. Langkah selanjutnya kalian harus menginstall beberapa kebutuhan/ depensi dari aplikasi monitorix ini yaitu rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl , silahkan kalian ketikkan perintah berikut :

#apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl

3. Tekan enter saja untuk melajutkan

4. Tunggu proses install hingga selesai

5. Kemudian lanjut dengan perintah "dpkg -i monitorix_3.9.0-izzy1_all.deb"
6. Jika ada error silahkan kalian masukkan perintah "apt-get install -f". Jika tidak terjadi error maka akan seperti gambar berikut.
Kemudian silahkan reboot server kalian dengan perintah "reboot"

7.  Silahkan kalian buka melalui web browser client kalian dengan mengakses http://ipserver:8080/monitorix, misalnya seperti saya http://192.168.24.2:8080/monitorix ,maka akan muncul halaman seperti gambar berikut. Selanjutnya klik Ok

8.  Seperti gambar berikutlah hasilnya. Gambar dibawah belum muncul grafiknya, mungkin karena baru terinstal, butuh waktu beberapa saat.

Selesai
Sekian,,mohon maaf bila ada salah kata, kekeliruan dan segala kekurangan, karena saya baru belajar. Kritik dan saran dapat membantu saya.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar