Senin, 06 Februari 2017

Proses Pengiriman Data Melalui Model OSI

 Hasil gambar untuk perjalan data melalu osi
a. Pendahuluan
Saat ini banyak orang yang menggunakan jaringan sebagai media untuk berbagi sebuah informasi dan bertukar data. Itu sebabnya hal-hal akan lebih mudah dilakukan. Jaringan ini akan memberikan maanfaat yang besar jika kita dapat menggunakannya dengan benar.

b. Latar Belakang.
Dari sekian banyak orang, walaupun setiap hari melakukan pengiriman dan penerimaan data, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui bagaimana proses data tersebut dapat sampai pada kita. Ternyata jika dianalisa banyak proses yang dilalui data tersebut. Mungkin masalah seperti ini orang tidak akan begitu memperhatikan, tapi bagi seseorang yang belajar jaringan hal seperti ini adalah suatu yang sangat penting sekali. Jadi kita dapat mengetahui proses yang dilalui data tersebut.

c. Tujuan
Untuk mengetahui lebih rinci bagaimana data tersebut sampai pada kita,
Mengetahui proses dalam OSI.

d. Pembahasan Proses Pengiriman Data.
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/ informasi dari dua  atau lebih device (alat, seperti komputer/laptop dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik yang lokal ,maupun yang luas, seperti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi  diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dengan peralatan, atau peralatan dengan peralatan.

Nah dari pertukaran data atau informasi tersebut ternyata data melewati banyak sekali proses. Dalam proses ini terdapat yang namanya OSI. Disinilah data atau informasi melalui proses.

- Pertama data/informasi dikirim melalui media transmisi jaringan, seperti Ethernet, wireless, frame relay. Proses ini terjadi pada OSI layer 1 yaitu Physical.

-Kemudian dari data-data yang dikirim tadi, data tersebut dikonversikan dari bit ke byte dan dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai Frame. Frame juga disebut sebagai batasan. Terjadi pada OSI Layer 2  yaitu Data-Link.

-Selanjutnya dari data yang sudah dikelompokkan tadi kita masuk pada layer ketiga yaitu OSI Layer 3 (Network). Proses yang terjadi disini adalah data-data didefinisikan ke alamat-alamat IP tujuan kemudian memberikan tanda atau header pada data tersebut, dan kemudian disalurkan ke IP tujuan tersebut.

-Lalu kita masuk ke OSI Layer 4 (Transport), disini data dipecah kedalam paket-paket data kemudian memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tersebut tujuan setelah di terima, selanjutnya data tersebut ditujukan pada port dan socket.

-Masuk pada OSI Layer 5 yaitu Session, data yang telah masuk di Session akan diidentifikasi keamanan data tersebut, jika data tersebut tersebut mengandung unsur yang tidak baik, maka data tersebut akan dihancurkan dan sebaliknya data yang baik akan di pelihara.

-Kemudian di OSI Layer 6 yaitu Presentation, data ditranslasikan kemudian ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

-Dan terakhir pada OSI Layer 7 (Application), disini aplikasi menyediakan interface service seperti HTTP (mozilla firefox, internet explorer, dll), Telnet, FTP, TFTP, SNMP. Kemudian baru kita bisa melihat informasi atau data tadi.

 Sumber Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI

Sumber gambar :
http://wistiana.blogspot.co.id/2016_06_01_archive.html

0 komentar:

Posting Komentar