Sabtu, 04 Februari 2017

Pengenalan Telekomunikasi,Jaringan, dan Internet

 Komputer
a. Pendahuluan 
Pada dasarnya masih banyak orang ataupun siswa yang masih belum mengerti tentang apa itu, Telekomunikasi , Jaringan, dan Internet. Termasuk saya pun masih belum mengetahui semuanya. Karena menurut saya ini adalah hal yang penting, terutama bagi siswa disekolah yang sedang menggeluti dunia IT maka wajib kita untuk mempelajarinya.

b. Latar Belakang
Pada saat ini dari tahun ke tahun dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi serta jaringan selalu mengalami perkembangan. Alat-alat ini di gunakan manusia untuk membantu pekerjaan yang sifatnya menggunakan teknologi ini. dalam hal ini manusia juga tidak lepas dengan yang namanya komputer. Komputer yang selalu membantu manusia dalam pengolahan data dengan cara manusia itu mengoperasikannya. 

c. Tujuan 
Untuk mengetahui apa itu Telekomunikasi, Jaringan, dan Internet.

d. Pengertian Komputer.
Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi.
Komputer juga dapat diartikan sebagai sekumpulan perangkat yang dijadikan satu sehingga saling berkaitan dan penggunaannya sebagai alat pengolah data, dan media informasi.
Berikut adalah contoh penemuan komputer.
  1.  Abacus . Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat
  2.  Mesin Buatan Charles Babbage . Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan.
 e. Perkembangan Komputer 
1. Komputer Generasi Pertama
Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yangf terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3 , untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untukmemecahkan kode rahasia yang digunakan jerman. 

2. Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948,ada 3 orang fisikawan Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden, William Brandford penemu transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. generasi kedua, yaitu komputer yang menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 - 1958 M). Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

3. Komputer Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

 4. Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. 


5. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.

Telekomunikasi, Jaringan dan Internet

- Dari Masa Analog ke Masa Digital
- Jaringan

- Media Komunikasi Kabel (Wired)

- Media Komunikasi Nirkabel (Wireless)

Signal Analog


Signal Analog disebut juga signal kontinyu karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang :

* Bentuk gelombang seperti gelombang sinus.

* Periode (T=1/f): waktu yang diperlukan oleh sebuah gelombang (satu lembah satu puncak).


Ciri sinyal analog : memiliki amplitudo dan frekuensi :

* Pada sinyal FM  Frekuensi bervariasi (Modulated)

* Pada sinyal AM  Amplitudo bervariasi (Modulated)

 Kaitannya dengan suara ;
- Amplitudo yaitu lebih kepada keras tidaknya suara.
-Frekuensi yaitu lebih kepada kejernihan suara.


Contoh : listrik dari PLN, sinyal pada jaringan telepon, modem 

Signal Digital

  • Signal Digital disebut juga signal diskret.
  • Tersusun atas dua keadaan yang dikenal dengan bit yaitu keadaan 0 dan keadaan 1. Komputer menggunakan sinyal digitalDari Analog ke Digital
  • Komputer pertama mengirim signal digital dan kemudian modem mengubahnya menjadi analog. Signal analog inilah yang mengalir pada jaringan telepon. Selanjutnya signal analog diubah oleh modem menjadi digital pada bagian komputer penerima.
Pertukaran signal analog dan digital menggunakan alat bernama Modem (Modulator/Demodulator). Terjadi pada jaringan komputer yang berkomunikasi jarak jauh dengan melibatkan jaringan telepon.




Fungsi Telekomunikasi

1. Selalu terkoneksi

2. Lebih efektif dan efisien


Telekomunikasi dan Jaringan 
  •  Sistem Telekomunikasi
- Jaringan Komunikasi
- Media Komunikasi
- Perangkat Keras
- Perangkat Lunak Komunikasi
- Penyedia Komunikasi Data
- Protokol Komunikasi
- Aplikasi Komunikasi
  • Dua Sisi Sistem Telekomunikasi
-Pengirim Informasi (Tansmitter of Information)
-Penerima Informasi (Receiver of Information)

Jaringan


Jaringan adalah sistem komputer yang saling terkoneksi, telepon, atau perangkat komunikasi lain yang dapat berkomunikasi satu sama lain dan bertukar/berbagi pakai aplikasi dan data.
Sebelum ada jaringan komputer, orang-orang menggunakan “sneakernet” untuk berbagi data antar komputer.
* Orang 1 menyimpan dokumen ke floppy disk/disket
* Ketika berjalan ke Orang 2 (menggunakan sepatu sneaker) menyerahkan disket ke Orang 2
* Orang 2 memuat disket ke komputer untuk membaca dan mengubah dokumen.
 
Sejarah Jaringan :
  • Sebuah jaringan komputer memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi antara perangkat yang terhubung ke jaringan.
  • Advanced Research Projects Agency (ARPA) membiayai desain Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) untuk Departemen Pertahanan AS. Operasional jaringan komputer pertama di dunia.
  • Pengembangan jaringan dimulai tahun 1969, berdasarkan desain yang dikembangkan selama tahun 1960-an.Tujuan Jaringan Telekomunikasi


 Tujuan Jaringan Telekomunikasi :
  •  Memfasilitasi komunikasi
Semua orang dapat berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui e-mail, pesan instan, chat room, telepon, telepon video, dan konferensi video.
  •  Berbagi hardware
Dalam lingkungan jaringan, masing-masing komputer pada jaringan dapat mengakses dan menggunakan hardware pada jaringan. Misalkan beberapa komputer pribadi masing-masing jaringan memerlukan penggunaan laser printer.
    > Jika komputer pribadi dan printer laser yang terhubung ke jaringan, setiap user dapat mengakses printer laser pada jaringan

  •  Sharing file, data, dan informasi
Dalam lingkungan jaringan, setiap pengguna resmi (authorized user) dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain di jaringan. Kemampuan menyediakan akses ke data dan informasi pada perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari jaringan banyak.
  • Membackup informasi penting secara tersentralisasi
  • Akses ke database berbagi-pakai (shared)
  • Berbagi perangkat lunak
* Pengguna terhubung ke jaringan dapat mengakses program aplikasi pada jaringan.
 Contoh Aplikasi Telekomunikasi :


- ATM (Automatic Teller Machine)

- Pesan Elektronik

- Video Conferencing-

- Transfer Dana Elektronik (Electronic Fund Transfer/ EFT)
- Telepon, Facsimiles

- Telecommuting: bekerja tidak dalam kantor

- Distance Learning

- Komputasi grup kerja (workgroup computing)
* Grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Software-nya bernama groupware.
- Per tukaran Data Elektronik (Electronic Data Interchange / EDI). * EDI (Electronic Data Interchange): sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang juga telah memiliki sistem informasi (server to server).
* dll

 Skala Jaringan


1. PAN – Personal Area Network

2. LAN - Local Area Network
3. CAN - Campus Area Network 
4. MAN - Metropolitan Area Network

5. WAN - Wide Area Network 

6. WIRELESS (Jaringan Tanpa Kabel)

7. GAN - Global Area Network

8. INTERNETWORKING :

- Intranet       - Jaringan khusus orang dalam (PAN)

- Ekstranet    - Jaringan khusu orang dalam tapi sedikit informasinya (LAN)

- Internet       - Jaringan Umum (Akses Umum)




Personal Area Network
 Jaringan komputer yg digunakan untuk komunikasi antara komputer dan perangkat teknologi informasi yang berdekatan dengan seseorang.Beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN yaitu komputer pribadi, printer, mesin fax, telepon, PDA, scanner, dan bahkan         video game konsol.
Jangkauan dari PAN biasanya meluas sampai 10 meter. Sebuah PAN mungkin termasuk sambungan kabel dan nirkabel antara perangkat. Jaringan PAN berkabel biasanya dibangun dengan USB, Firewirearingan PAN nirkabel dengan Bluetooth dan Inframerah

 

Local Area Network 
Jaringan area lokal (LAN)  jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, gedung kantor, atau bangunan berdekatan.Setiap komputer atau perangkat di dalam jaringan adalah node.Kecepatan umumnya 10/100 Mbit/s Ethernet atau Gigabit Ethernet (ke router)


Campus Area Network

  Jaringan area Campus (CAN), jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat yang ada di wilayah Universitas/campus saja, di luar wilayah tersebut, komputer tidak dapat terhubung ke jaringan.


Metropolitan Area Network

Jaringan area Metropolitan (MAN), Jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat yang ada di wilayah perkotaan saja, di luar wilayah tersebut, komputer tidak dapat terhubung ke jaringan.



Wide Area Network

Jaringan area Wide (WAN), jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat yang ada di dunia.

MANFAAT JARINGAN :

1. Resource Sharing

2. Reliabilitas Tinggi

3. Menghemat Uang
Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar