Kamis, 16 Februari 2017

Konfigurasi PPPoE Client di Mikrotik


Assalamualaikum wr.wb
Dibawah ini saya berbagi tentang bagaimana konfigurasi PPPoE client di mikrotik. Berikut silahkan untuk disimak
 
 a. Pengertian
Point to Point Protocol (PPP) adalah data link protocol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan. PPP digunakan di banyak jaringan fisik termasuk kabel serial, saluran telepon, trunk line, telepon seluler, jaringan radio khusus, dan serat optik seperti SONET. PPP memiliki dua jenis turunan yaitu Point to Point Protocol over Ethernet (PPPoE) dan Point to Point Protokol over ATM (PPPoA), biasanya sering digunakan oleh Internet Service Provider (ISP) untuk membangun Digital Subscriber Line (DSL) koneksi internet layanan dengan pelangga.

Untuk Protokol Point-to-Point over Ethernet ( PPPoE ) adalah protokol jaringan untuk mengenkapsulasi frame PPP di dalam frame Ethernet . Ini muncul pada tahun 1999, dalam konteks booming DSL sebagai solusi untuk paket tunneling melalui koneksi DSL ke jaringan IP ISP , dan dari sana ke seluruh Internet. Pada peralatan customer-premises , PPPoE dapat diimplementasikan baik di perangkat gateway hunian terpadu yang menangani kedua mode DSL modem dan IP routing.

b. Latar Belakang
Membuat koneksi antara client dan router yang bersifat secure di jaringan lokal maupun WAN, oleh karena itu saya menggunakan fitur dari PPPoE ini untuk mengamankan koneksi

c. Tujuan
Dapat menghubungkan antara server dan client
Mengetahui bagaimana konfigurasi PPPoE Client diMikroTik

d. Alat dan Bahan
-PC/Laptop
-Router MikroTik
-Winbox
-Akses Internet

E. Langkah-langkah
1. Buka Winbox
2. Langkah selanjutnya adalah pilih tab PPP

3. Klik tanda (+) -> PPPoE Client

4. Selanjutnya klik tab Dial Out, isikan User dan Password kalian yang diberikan oleh PPPoE Server atau bisa juga user yang diberikan oleh ISP. Jika sudah klik Apply -> Ok.
Selanjutnya coba lihat statusnya pada pojok kanan bawah, jika coneccted berarti sudah berhasil.

Sekian,, semoga bermanfaat dan terimakasih

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar