Selasa, 07 Februari 2017

Mengenal Mikrotik

Hasil gambar untuk jenis jenis mikrotik
a. Pendahuluan
Kata mikrotk bagi anak TKJ mungkin sudah tak asing lagi. Mikrotik adalah sebuah alat jaringan yang difungsikan sebagai router. Hal ini perlu diketahui bagi anak TKJ apa itu mikrotik dan fungsinya.

b. Latar Belakang
Mikrotik sangat dibutuhkan ketika kita sedang ingin membuat atau menyeting sebuah jaringan. Alat ini difungsikan sebagai Router. Oleh karena itu alat ini tidak lepas dalam jaringan

c. Tujuan
Mengetahui apa itu mikrotik

d.  Sekilas tentang Mikrotik
Mikrotik adalah sistem operasi Linux khusus untuk komputer yang difungsikan sebagai Router.

Tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Bagi yang belum tau, Latvia adalah sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Dengan nama merek dagang Mikrotik mulai didirikan tahun 1995 yang pada awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia.

Ada 2 jenis mikrotik, yaitu :
- Mikrotik RouterOs
Yaitu sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Administrasinya biasa dilakukan di Windows Application (Winbox).

-Mikrotik routerboard
Yaitu sebuah routerboard yang menggunakan os rputerOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan hotspot server.

Fitur-fitur Mikrotik
 a. Penanganan Protokol TCP/IP:
-Firewall dan NAT
-Routing - Static Routing
-Data Rate Management
-Hotspot
-Point-to-Point tunneling protocols
-Simple tunnels
-IPsec
-Web proxy
-Caching DNS Client
-DHCP
-Universal Client
-VRRP
-UPnP
-NTP
-Monitoring/Accounting
-SNMP
-M3P

-MNDP
-Tools
-Aneka ragam

b. Layer 2 Konektifitas
-Wireless
-Bridge
-Virtual LAN
-Synchronous
-Asynchrnous
-ISDN
-SDSL

Fungsi Mikrotik
Digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.


Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat.

Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar