Kamis, 02 Februari 2017

Mengetahui Sejarah Perkembangan Linux


a. Pendahuluan
 Bagi seseorang yang belum mengetahui atau baru ingin menggunakan linux, alangkah baiknya mengetahui dahulu apa itu sebenarnya linux. Kita sangat disarankan untuk mengenal pengetahuan dasar mengenai Linux, mulai dari pengertian mungkin hingga perkembangnnya sebagai pengetahuan awal kita.

 Pada dasarnya Linux sudah diperkenalkan sejak tahun 1991 dan hingga sekarang sudah banyak pihak yang mengembangkan sesuai dengan fitur yang diinginkannya. Selain itu Linux tergolong Open Source yang maksudnya membuka/membebaskan  source kodenya.

b. Latar Belakang
  Secara umum sistem komputer terdiri dari Software, Hardware, dan Brainware dimana ketiganya saling berkaitan antara satu dengan yang lainya. Sebuah sistem operasi merupakan program yang betindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan komputer.
  Saat ini banyak sistem operasi yang berkembang contohnya saja Linux. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer yang bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka  lain pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan dimodifikasi kembali secara bebas oleh siapa saja.

c. Maksud dan Tujuan
Mengetahui sejarah dan perkembangan sistem operasi Linux, mengenalkan sistem operasi Linux, serta mengetahui versi Linux dari awal terbitan sampai sekarang.

d. Sejarah Linux
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa  Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux , yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).

Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).

e. Pengembangan Linux.
Nama Linux berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Peralatan sistem dan pustakanya, umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaanya dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novel, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi diberbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan XBox), telepon genggam.

Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux Distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (Desktop environment) seperti GNOME, KDE, dan Xfce. Juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword.

f. Distribusi Linux
Sampai saat ini sudah banyak pengembangan Linux atau bisa disebut distribusi Linux (Distro Linux) yang telah dilakukan oleh berbagai pihak. Disamping itu, juga dicantumkan program sistem dan program aplikasi tambahan.

Dibawah ini contoh distro Linux
  1. Ubuntu
  2. Deban
  3. Fedora
  4. Backtrack
  5. OpenSuse
  6. Madriva
  7. Knoppix
  8. PCLinuxOS
  9. Xandros
  10. Sabayon
  11.  CentOS
  12. ClearOS
  13. Gentoo Linux
  14.  
     Sumber referensi :
    http://bimabentonew.blogspot.co.id/2016/12/sejarah-perkembangan-linux.html
    http://barkahtroox.blogspot.co.id/2013/02/pengertian-linux-sejarah-linux.html  
        Sumber gambar :

        https://www.linux.or.id/sejarah-dan-perkembangan-linux.html

    0 komentar:

    Posting Komentar