Senin, 20 Februari 2017

Mengenal Sistem

Assalamualikum wr.wb
Hallo sahabat, apa kabar..semoga selalu baik ya.
Kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai apa itu sistem. Kata ini mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan kerap dijumpai.

a. Pendahuluan.
Dari sekian banyaknya manusia, mungkin tidak semua ya hanya sebagian saja. Yang baru saja saya ketahui bahwa masih banyak yang belum mengetahui apa itu sistem, termasuk saya sendiri. Mungkin hal ini terjadi karena terlalu meremehkan hal-hal yang sepele, tanpa kita mengetahuinya bahwa hal seperti itu sangat penting. Hal ini baru yang saya ketahui dari teman sekeliling dan saya sendiri.

b. Latar Belakang
Patut untuk kita ketahui, terutama kita yang anak teknik bahkan yang lainnya juga harus mengetahui apa itu sistem. Hal ini sangat penting karena sistem adalah hal yang paling dasar. Tanpa adanya sistem sebuah hal yang akan dibuat  tidak akan dapat berjalan bahkan tidak terwujud.

c. Tujuan
Dapat mengartikan apa itu sistem
Mengetahui elemen sistem, dll.

d. Pengertian
Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari komponen maupun elemen yang dihubungkan untuk memudahkan alira informasi, materi, atau energiuntuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contohnya negara, organisasi sekolah, serta organisasi-organisasi lainnya. Organisasi ini memiliki pemimpin atau sebagai pusat, dan anggota lainya sebagai pembantu.
Hasil gambar untuk sistem
Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

e. Elemen dalam sistem
Terdapat 4 elemen dalam sistem, sebagai berikut :

1. Objek, adalah elemen yang terdiri berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Objek dapat berupa benda fisik, abstrak, maupun keduanya tergantung kepada sifatnya sistem tersebut.
2. Atribut, merupakan hal yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
3. Hubungan internal, diantara objek-objek didalamnya.
4. Lingkungan, merupakan tempat dimana sistem berada.

f.  Elemen sistem
Ada beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, yaitu sebagai berikut :

1. Tujuan
Dimilikinya tujuan dalam sistem digunakan untuk pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa tujuan, sistem menjadi tak terarah dan tak terkendali.

2. Masukan
Masukan (input) sistem adalah segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan dapat berupa hal-hal yang berwujud (tampak secara fisik) maupun yang tidak tampak. Contoh masukan yang berwujud adalah bahan mentah, sedangkan contoh yang tidak berwujud adalah informasi (misalnya permintaan jasa pelanggan).

3. Proses
Proses merupakan bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai, misalnya berupa informasi dan produk, tetapi juga bisa berupa hal-hal yang tidak berguna.

4. Keluaran
Keluaran (output) merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.

5. Batas
Batas (boundary) sistem adalah pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup, atau kemampuan sistem.

6. Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

7. Lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di luar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam arti bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri.

g. Jenis sistem
Ada berbagai tipe sistem berdasarkan kategori:
1. Atas dasar keterbukaan
- sistem terbuka, dimana pihak luar dapat mempengngaruhinya
- sistem tertutup

2. Atas dasar komponen:
-Sistem fisik, dengan komponen materi dan energi.
- Sistem non fisik atau konsep, berisikan ide-ide.

Sumber Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
http://www.satujam.com/pengertian-sistem-informasi-manajemen/

0 komentar:

Posting Komentar