Rabu, 12 April 2017

Konfigurasi VLAN di Debian Router

Assalamualaikum wr.wb


a. Pengertian
 Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunkasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya peangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar komputer bisa berkomunikasi  pada vlan yang sama, setiap komputer harus memiliki sebuah alamat IP dan SubnetMask yang sesuai dengan vlan tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan vlan dan setiap port dalam vlan harus didaftarkan ke vlan. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah vlan tunggal disebut sebagai access port.

b. Latar Belakang
Di sini saya menggunakan virtualisasi server yang pastinya dalam virtualisasi server terdapat lebih dari satu sistem operasi. Maka dari itu vlan digunakan untuk menempatkan setiap sistem operasi di satu server yang berada di ethernet yang sama dan ip yang sama dengan masing-masing vlan id nya.

c. Tujuan
Dapat mengakses server virtual pada proxmox, yang telah memiliki vlan id dan tersetting ip.

d. Alat dan bahan
  •  Laptop
  • PC Debian Router
  • Koneksi Internet
e. Langkah-langkah
1. Pertama install paket aplikasi vlan, perintahnya "apt-get insatll vlan"

2. Selanjutnya jalankan perintah "modprobe 8021q"

3. Tambahkan [8021q] ke /etc/modules, perintahnya "8021q>> /etc/modules"

4. Selanjutnya edit interface nya, perintahnya "nano /etc/network/interfaces" dan tambahkan vlannya. Jika sudah simpan dan keluar

5. Kemudian restart interface nya, printahnya "/etc/init.d/networking restart"

6. Untuk mengeceknya ketik perintah "ifconfig"

ya itulah tadi teman-teman, itu saya gunakan untuk memberikan koneksi pada vm diproxmox supaya terhubung dengan internet.

referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN

0 komentar:

Posting Komentar