Selasa, 25 April 2017

Installasi CentOS 7

a. Pengertian
CentOS ( / s ɛ n t . Ɑː s / , dari Sistem Operasi Enterprise Masyarakat ) adalah distribusi Linux yang mencoba menyediakan platform komputasi berbasis komputer gratis kelas enterprise yang kompatibel secara fungsional dengan sumber hulu , Red Hat Enterprise Linux ( RHEL). Pada bulan Januari 2014, CentOS mengumumkan resmi bergabung dengan Red Hat sementara tetap independen dari RHEL, di bawah dewan pemerintahan CentOS yang baru.

Rilis CentOS pertama pada bulan Mei 2004, yang diberi nomor CentOS versi 2, direkam dari RHEL versi 2.1AS. Sejak diluncurkannya versi 7.0 CentOS secara resmi hanya mendukung arsitektur x86-64, sementara versi yang lebih tua dari 7.0-1406 juga mendukung IA-32 dengan Physical Address Extention (PAE). Pada bulan Desember 2015, rilis AltArch dari CentOS 7 tersedia untuk asitektur IA-32, arsitektur Power, dan varian ARMv7hl dan AArch64 dari arsitektur ARM.

b. Latar Belakang
OS yang digunakan sebagi server selain Debian dan banyak digunakan adalah Centos

c. Tujuan
  Menggunakan CentOS sebagai virtual server di Proxmox
  Bahan materi dan praktek saat training PRE-MTCNA & CentOS di BLC

d. Alat dan Bahan
-Laptop
-PC Server (Proxmox)
-Koneksi Internet
-OS Centos 7

e. Langkah-Langkah
1. Setelah booting, prompt pertama CentOS muncul. Pada prompt pilih Install CentOS  Linux 7 dan tekan enter



2. Pada layar Welcome pilih bahasa proses installasi  yang akan membantu kita melalui keseluruhan prosedur installasi. Kemudian klik Continue


3. Selanjutnya adalah masuk prompt layar Installation Summary. Disini banyak pilihan untuk menyesuaikan sistem sepenuhnya. Hal pertama yang saya setup  adalah pengaturan waktu. Klik Date & Time dan pilih Lokasi fisik server kita dari peta yang tersedia, kemudian pilih dan klik Done


4. Langkah berikutnya adalah memilih pengaturan Bahasa. Dsini saya pilih bahasa inggris. Jika sudah pilih dan klik Done


5. Kemudian memilih Layout Keyboard denagn menekan tombol plus dan menguji konfigurasi keyboard dengan menggunakan mesukan yang benar. Klik dan pilih Done jika sudah selesai konfigurasi.


6. Langkah selanjutnya menyesuaikan instalasi kita dengan menggunakan Sumber Instalasi lain daripada media DVD / USB lokal Anda, seperti lokasi jaringan yang menggunakan protokol HTTP , HTTPS , FTP atau NFS dan bahkan menambahkan beberapa repositori tambahan, namun hanya menggunakan metode ini. Pilih Auto-detect default dan tekan pada Done untuk melanjutkan .


7. Selanjutnya memilih perangkat lunak installasi sistem kita. Jika Kita ingin menggunakan CentOS 7 sebagai platform server, maka disarankan memilih Minimal Install dengan Compatibility Libraries yang akan menginstall perangkat lunak sistem dasar yang minimal dan nantinya kita bisa menambahkan paket sesuai kebutuhan dengan menggunakan perintah yum groupinstall.


8. Masuk pada partisi hardisk. Klik pada menu Installation Destination , pilih disk anda dan pilih I will configure partitioning


9. Pada layar berikutnya, pilih LVM (Logical Volume Manager) sebagai layout partisi dan, kemudian Click here to create them automatically , pilihan yang akan menciptakan tiga partisi sistem dengan menggunakan filesystem XFS , secara otomatis mendistribusikan ulang ruang hard disk Anda dan mengumpulkan Semua LVS menjadi satu Grup Volume besar bernama centos .
  • /boot
  • /(root)
  • Swap


10. Jika hal diatas sudah dan di klik Done. Selanjunya di langkah berikutnya seperti gambar berikut pilih Accept Changes.

11. Langkah selanjutnya adalah mengatur hostname sistem anda dan mengaktifkan networking.  Klik pada label Network & Hostname

Kemudian aktifkan antarmuka Jaringan Anda, alihkan tombol Ethernet teratas ke ON . Dan klik Configure untuk konfgurasi network. Jika sudah klik Save dan selanjutnya pilih Done.




12. Untuk memulai instllasi pilih Begin Installation

Mengis password root


13. Setting user


 Klik Finish Cinfuguration


14. Pilih Reboot

15. Booting masuk CentOS



referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/CentOS
http://www.tecmint.com/centos-7-installation/

0 komentar:

Posting Komentar