Senin, 03 April 2017

Install Ubuntu Server


Assalamualaikum wr.wb
apa kabar semua..seperti biasanya, saya akan sharing lagi. Kali ini yang akan saya sharing adalah menginstall ubuntu server di VM Proxmox.

a. Pengertian
 Ubuntu adalah salah satu distribusi linux yang berbasiskan debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia dan telah dipakai secara luas.

b. Latar Belakang
 Latar belakang saya install ubuntu pada server  adalah karena saya ingin menginstall Zimbra mail server.

c. Tujuan
 Sebagai sistem operasi yang akan diinstall Zimbra

d. Alat dan Bahan
-Laptop
-PC server
-Koneksi internet
-ISO Ubuntu

e. Langkah-langkah
1. Upload terlebih dahulu ISO Ubuntu servernya pada proxmox.

2. Jika sudah terupload, kita remote pada web browser.

3. Selanjutnya buat VMnya, kemudian buka VMnya dan lakukan instalasinya

4. Dalam beberapa detik akan disajikan dengan tampilan pertama instaler ubuntu. Pilih bahasa untuk melakukan instalasinya, kemudian tekan Enter.

5. Selanjutnya pilih opsi pertama, Install Ubuntu Server dan tekan Enter

6. Berikutnya kita pilih bahasa yang akan digunakan, karena menurut saya lebih enak pakai bahasa inggris, pilih English

7. Selanjutnya memilih negara, sesuaikan dengan negara masing-masing. Apabila kalian berada Asia atau Indonesia. Pilih yang Other

8. Pilih benua dimana negara berada, karena Indonesia berada di Asia maka pilih Asia

9. Pilih negara Indonesia

10. Pada configure locale saya pilih default saja, seperti gambar berikut.

11. Selanjutnya Detect keyboard layout -> pilih no saja.

12. Pilih jenis Keyboard, disini saya gunakan Keyboard jenis English (US)

13. Pilih jenis keyboard lagi, saya pilih yang jenis English (US)

14. Tunggu proses loading additional components

15. Selanjutnya setting Network, saya pilih yang manual.

16. Masukkan IP yang akan digunakan.

17. Masukkan Gateway

18. Kemudian Name Server Address, biasanya terisi secara otomatis, langsung Continue

19. Isikan hostname yang akan dipakai.

20. Isi Domain name

21. Mengisikan nama lengkap pengguna

22. Isi User name

23. Mengisikan password yang akan digunakan untuk user.

24. Mengulangi password yang tadi

25. Pada Encrypt yaour home directory, pilih No

26. Knfigurasi waktu sesuai dengan kota kita.

27. Pembuatan partisi, saya pilih Guided - use entrie disk and set up LVM

28. Seperti pada gambar berikut, tekan Enter. Ini adalah nama dari hardisk kita.

29. Write the changes...? pilih Yes

30. Pilih berapa GB hardisk yang akan digunakan, selanjutnya pilih Continue.

31. Write the changes...? pilih Yes

32. Dikosongi saja, lanjut continue

33. Pilih No automatic updates.

34. Pilih paket software yang akan diinstall, beri tanda bintang software yang akan diinstall dengan menekan spasi.

35. Memberikan persetujuan apakah Install boot loader, pilih Yes

36. Instalation Complete, pilih Continue.

Sekian yang dapat saya share, semoga bermanfaat. Waalaikumsalam wr.wb :)

referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu

0 komentar:

Posting Komentar