Sabtu, 15 April 2017

Manajemen Bandwidth denagn Wondershaper

Assalamualaikum wr.wb


a. Pengertian
Manajemen bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengindari mengisi link ke kapasitas atau overfiling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. Manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit/s) atau byte per detik (B/s)
Sedangkan untuk wondershaper itu sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang tersedia untuk komputer berbasis linux. Hal ini memungkinkan dengan mudah membentuk bandwidth yang tersedia pada sebuah antarmuka ke nilai yang ditentukan. Hal ini  dapat berguna untuk menghindari kemacetan di jaringan kita dan memungkinkan server menggunakan sejumlah bandwidth tertentu. Kita dapat mengkonfigurasi upload dan download bandwidth yang tersedia dikartu Ethernet kita satu per satu.

b. Latar Belakang
Menggunakan wondershaper untuk memanajement badwidth yang dimaksudkan juga untuk mengurangi kemacetan.

c. Tujuan
 Membatasi data upload dan download pada client sesuai dengan yang dibutuhkan, supaya tidak terbuang dengan percuma. Dan juga membatasi seberapa cepat client akses internet.

d. Alat dan bahan
* Laptop
*Pc debian router
*Koneksi Internet

e. Langkah-langkah
1. Pertama install wondershaper, perintahnya "apt-get install wondershaper"


2. Jika sudah terinstall, kita bisa langsung memanajemen bandwidthnya, ketik saja perintah "wondershaper eth1 1024 1024"

Keterangan:
  • eth1 : interfaces yang akan di manajement bandwidth nya
  • 1024 : besar bandwidth yang diberikan untuk download
  • 1024 : besar bandwidth yang diberikan untuk upload
3.  Kemudian cek hasilnya dengan wondershaper. Ketikkan perintah "wondershaper eth1"

4. Selain itu kita juga cek speednya, perintahnya "speedtest-cli" jika belum terinstall ketik perintahnya "apt-get install speedtest-cli"

5. Kita juga dapat menghapus settingan bandwidth tadi jika sudah tidak di inginkan, perintahnya "wondershaper remove eth1"

referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Bandwidth_management
https://documentation.online.net/en/dedicated-server/tutorials/network/configure-wondershaper

0 komentar:

Posting Komentar