Jumat, 07 April 2017

Trunking VLAN di Switch Packet Tracer


Assalamualaikum wr.wb
apa kabar semua,,di tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana menkonfigurasi trunking vlan di switch cisco packet tracer. Langsung saja kita konfigurasi yuk....

a. Pengertian
Trunking adalah metode untuk sistem untuk menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan berbagi satu set garis atau frekuensi bukannya memberikan mereka secara individu. Trunking adalah sebuah jalur yang digunakan untuk membawa trafik Vlan dari suatu switch ke perangkat jaringan yg lain.
Pengertian lainnya Trunk adalah link point to point diantara satu atau lebih interface ethernet device jaringan seperti router atau switch. Yang digunakan untuk menghubungkan antar device intermediate. Dengan menggunakan port trunk, dapat digunakan sebuah link fisik untuk menghubungkan banyak VLAN.

b. Latar Belakang
 Dalam dunia jaringan banyak sekali cara cara untuk menghubungkan sebuah perangkat jaringan, salah satunya adalah trunking vlan. Yaitu i jalur yang digunakan untuk menghubungkan antar device intermediate.

c. Tujuan
Mengetahui cara konfigurasi trunking vlan
Mengetahui cara kerjanya

d. Alat dan Bahan
  • Laptop 
  • Cisco Packet Tracer
e. Langkah-langkah
1.  Pertama saya buat topologi seperti gambar berikut.

2. Selanjutnya langsung konfigurasi vlan, disini saya buat vlan 10 dengan nama GURU dan vlan 20 dengan nama SISWA. Seperti gambar berikut konfigurasinya.

3. Begitu juga dengan switch yang satunya lagi, yaitu menambahkan vlan. Nama yang kita buat boleh beda, tapi disini saya masih menggunakan yang sama.

4. Selanjutnya mendaftarkan port portnyaa ke vlan, kecuali port yang terhubung antar switch (fa0/3) yang nantinya akan kita buat mode trunk. Pertama kita daftarkan port yang ada pada switch0, int fa0/1 ke vlan 10 dan fa0/2 ke vlan 20

5. Juga pada switch1 daftarkan portnya, masih sama dengan yang diatas. Yaitu fa0/1 ke vlan 10 dan fa0/2 ke vlan 20

6. Kemudian menghubungkan vlan yang sama namun beda switch menggunakan Trunk. Lihat terlebih dahulu port yang terhubung dengan switch itu berada di fastEthernet berapa. Selanjutnya kita konfigurasikan di port tersebut.

7. Lakukan hal yang sama pada switch yang satuya lagi.

8. Kemudian setting ip pada PCnya, caranya klik pada PCnya -> tab Desktop -> IP Configuration.

9. Isikan ip nya pada masing masing PC, dalam satu vlan harus satu jaringan ya, :). Pertama saya isikan pada PC0 dengan ip 192.168.10.1

PC selanjutnya 192.168.10.2

Selanjutnya 192.168.20.1

dan PC terakhir 192.168.20.2

10. Selanjutnya lakukan tes ping, caranya klik pada PC -> tab Desktop -> Command Prompt

11. Hasilnya PC yang satu vlan akan berhasil ping, sedangkan yang beda vlan tidak bisa.

Akhirnya sekian yang dapat saya utarakan hari ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan pahaman dan kekeliruan. Waalaikumsalam wr.wb

referensi :
http://faturtok.blogspot.co.id/2013/01/switching-trunking.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Trunking

0 komentar:

Posting Komentar