Sabtu, 18 Februari 2017

Penyebab Konfigurasi Mikrotik Reset/Hilang


Assalamualaikum wr.wb
Sekedar berbagi pengalaman ya, pada 2 hari yang lalu saya dan teman saya mendapati sebuah kendala, yaitu konfigurasi mikrotik kita reset sendiri ataupun bisa jadi tidak tersimpan konfigurasinya. Sebenarnya hal ini sudah terjadi 2X berturut-turut saat kita instalasi proxmox hingga pasang server. Akan tetapi kita kurang memperhatikan saat itu, akhirnya kita konfigurasi ulang mikrotik tersebut. Bahkan kita sempat membackupnya, tetapi tidak bisa.

Nah,,pada 2 hari yang lalu, tepatnya hari kamis masalah tersebut datang lagi, hingga kita otak atik itu mikrotik. Pantes saja ketika kita ingin membackupnya tidak bisa.Ternyata masalah tersebut adalah ruang simpan yang berada mikrotik routerboardnya penuh. Backup file tersebut berada pada tab "Files".

Berikut gambarnya, ini adalah tampilan mikrotik pada tab Files.


Pada gambar diatas coba kalian lihat pada keterangan ruang pemyimpanan yang ada pada bagian bawah sendiri. Bagian ini terbagi tiga, yaitu banyaknya jumlah item ( bagian kiri ), banyaknya penggunaan dari sekian penyimpanan ( bagian tengah), dan ruang kosong (kanan). Nah,, kemarin itu pada bagian ruang kosong ini bertuliskan 0% free, alias kosong tersebut habis. Kemudian file backup tersebut sebagian kami hapus. Setelahnya kita coba konfigurasi lagi, kemudian  membackupnya ternyata bisa.

Sekian dan Terimakasih

1 komentar:

  1. Mo tanya dong kak, kmaren mikrotik sy itu ada problem, scara tiba2 data2 smua ilang, kya kode2 buat vocer dll itu ilang smua, knp ya kak??

    BalasHapus