Rabu, 22 Februari 2017

Memahami apa itu LAMP (Linux, Apache, MySQL/MariaDB, PHP)



Assalamuallaikum wr.wb
Hallo,,seperti biasanya disini saya ingin sharing. Yang akan kita bahas kali ini adalah LAMP. Biasanya setelah menginstal server kebanyakan akan menginstal LAMP. Seperti saya juga akan menginstalnya. Aa itu LAMP ?? mari kita pelajari bersama - sama.

a. Latar Belakang
LAMP merupakan platform pengembangan yang digunakan di linux. Biasanya menginstal lamp dilakukan setelah instal server. LAMP digunakan untuk menjalankan sebuah aplikasi secara bebas. Sebenarnya menggunakan web service lain bisa akan tetapi bisa lebih mudah menggunakan LAMP dalam linux.
 
b. Tujuan
Agar server yang dibuat dapat digunakan untuk melayani web browser
Memahami apa itu LAMP

c. Penjelasan
Lamp singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan PHP. LAMP merupakan sebuah paket perangkat lunak bebas untuk menjalankan sebuah aplikasi secara lengkap.
 Komponen-komponen LAMP :
  • Linux ->sistem operasi
  • Apache -> web server
  • MariaDB atau MySQL-> sistem basis data 
  • PHP -> bahasa pemrograman yang dipakai
 Beberapa perangkat lunak yang menggunakan konfigurasi LAMP antara lain MediaWiki dan Bugzilla.

Tentang Linux, Apache, MySQL, PHP.

1. Linux
Linux telah lama dikenal penggunaannya di server. Dalam hal ini linux sebagai sistem operasi. Linux adalah salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber tebuka utama. Seperti perangkat lunak bebas lain pada umumnya, kode sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali  secara bebas oleh siapa saja. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer yang berbasis Unix. Diperkenalkan pada tahun 1991 dan nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds.

2. Apache
Server HTTP Apache atau Server web/ WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netwar serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Penggunaannya untuk melayani fasilitas web/ www menggunakan HTTP. Apache juga merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

3. MySQL
Merupakan perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa inggris : database management system) atau DBMS yang multithread, multiuser, dengan sekitar 6 jutainstalasi di seluruh dunia. MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikuk mman secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License)

4. PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan kedalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah  CMS.

Sekian dan Terimakasih

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/LAMP

Sumber gambar :
https://kurniatkja.blogspot.co.id/2016/11/installasi-lamp-di-server-debian-86.html

0 komentar:

Posting Komentar