Jumat, 10 Februari 2017

Cara Membatasi Bandwith Pada Mikrotik Dengan Simple Queue

a. Pendahuluan
Dalam dunia internet mungkin tidak asing lagi dengan kata bandwidth bagi kita. Tapi apakah ita mengetahui apa itu bandwidth ? Fungsinya apa ? Mungkin kebanyakan dari kita taunya tinggal pake internet saja.
b. Latar Belakang 
Karena banyaknya pengguna layanan atau jaringan internet, maka sebagai penyedia jasa harus membatasi bandwidth. Singkatnya, bandwidth adalah lebar atau luas pita dalam teknologi komunikasi. Tujuannya adalah mencegah terjadinya monopoli penggunaan bandwidth sehingga semua client/pengguna bisa mendapatkan jatah bandwidth masing-masing. 
c. Tujuan
-Dapat mengatur Bandwidth
-Client bisa dapat jatah bandwidth masing-masing sesuai dengan yang diberikan

d. Tentang Bandwidth
Bandwidth (lebar pita) adalah luas/lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Juga dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuens rendah. Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz.
e. Langkah-langkah
1. Masuk pada tab Queues -> kemudian pilih tanda plus berwarna merah


 2. Selanjutnya pada tab general masukkan name dan kemudian pilih IP mana yang akan dibatasi bandwidthnya, lalu isikan pada Target Address. Lalu isikan Target Upload dan Target Download -> Apply -> Ok.


3. Selanjutnya untuk mengecek speednya, silahkan kunjungi google kemudian ketikkan "speedtest". Jika bandwidth besar semakin besar pula kecepatan transfer datanya dan jika bandwidth kecil transfer data akan lambat.


Sumber Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita
http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=53

0 komentar:

Posting Komentar