Senin, 13 Maret 2017

tutorial install owncloud di local host


Assalamualaikum wr.wb
Berjumpa lagi dengan saya, seperti biasa saya berbagi tentang yang saya lakukan. Jika kemarin Pemahaman Owncloud kali ini saya menginstall owncloud.

a. Pengertian
ownCloud adalah suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting dan menggunakan mereka. ownCloud secara fungsional sangat mirip dengan banyak digunakan Dropbox , dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa ownCloud adalah gratis dan open-source , dan dengan demikian memungkinkan orang untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi. ownCloud difungsikan seperti Google Drive, yang digunakan untuk media penyimpanan.

b. Latar Belakang
Penggunaan media untuk berbagi data dan penyimpanan data yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun sangat diperlukan Private Cloud storage memungkinkan  akses datacoleh penggunacdari semua tempat,setiap waktu, sehingga pekerjaan dapat dilakukan dimana saja. Owncloud merupakan open source yang dirancang untuk layanan cloud storage, dengan owncloud pengguna dapat mengakses data melalui antar muka web atau aplikasi client

c. Tujuan 
Sebagai media penyimpanan yang mendukung ekstensi yang memungkinkan untuk bekerja seperti Google Drive 

d. Langkah-langkah 
1. Pertama silahkan copy terlebih dahulu file zip owncloud ke direktori html. Drektori html terletak pada /var/www/html. Copy file dari lokasi tempat kalian meletakkan file tersebut.
Contoh "cp /home/enggar/Downloads/owncloud-9.1.0.zip /var/www/html" seperti gambar berikut.

2. Kemudian yang saya lakukan selanjutnya adalah memerikasa file pada direktori html. Untuk masuk direktori html ketik perintah "cd /var/www/html" dan melihat isinya ketik perintah "ls"


3. Kemudian unzip filenya. Pada gambar sebelumnya itu sudah saya unzip.
Misal cara unzipnya "unzip owncloud-9.1.0.zip" seperti gambar berikut.

4. Yang saya lakukan selanjutnya adalah periksa lagi file sudah terunzip apa belum. Ketik "ls"

5. Kemudian beri hak milik, ketik "chown -R  www-data:www-data owncloud"

6. Beri hak akses ketik "chmod -R 755 owncloud"

7. Seperti halnya ketika saya install cms, slims, dll, saya membuat database terlebih dahulu pada phpmyadmin.




8. Langkah selanjutnya mengisi form seperti gambar berikut. Dibawah kalian menambahkan admin.


 berikut ini mengkonfigurasi database. Jika sudah klik Finish Setup

9. Selanjutnya kalian dibawa pada halaman owncloud seperti gambar berikut.


 sekian dan terimakasih
referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/OwnCloud
http://eprints.ums.ac.id/32715/2/2.%20BAB%20I.pdf

0 komentar:

Posting Komentar