Sabtu, 18 Maret 2017

konfigursi virtualhost (subdomain) server debian 8.6


assalamualaikum wr.wb
seperti biasa ya teman-teman saya share lagi, kali ini saya membuat virtualhost (sumdomain), langsung saya kta ikuti..

a. Pengertian
Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.

b Latar Belakang
memperbanyak domain dari domain indu  tanpa harus buat domain induk lagi

c. Tujuan
menghemat domain dan memperbanyak domain dengan subdomain

d. langkah-langkah
1. pertama saya masuk pada folder /var/www/

2. kemudian saya buat folder baru disini, saya beri nama subdomain. folder ini sebagai tempat file script nanti. untuk buat foldernya ketik perintah "mkdir subdomain"
pastikan folder sudah terbuat, ketik "ls"

3. langkah selanjutnya saya buat dan edit file scriptnya dengan mengetik perintah "nano /subdomain/index.html"

4. isikan scriptnya, saya membuatnya seperti gambar berikut. jika sudah simpan dengan ctrl+x -> plih y -> enter

5. selanjutnya saya berpindah direktori sites-available ketik perintah "cd /etc/apache2/sites-available/"

6. kemudian copy file default 000-default.conf ke nama virtualhostnya, misal subdomain. saya mengetikkan perintah "cp 000-default.conf subdomain.conf" jelasnya lihat gambar berikut.

7. selanjutnya saya mengedit file subdomain.conf, ketik perintah "nano subdomain.conf"

8.pada file tersebut saya menambahkan  baris tulisan, lihat pada gambar berikut yang bergaris putus merah. jika sudah simpan dengan tekan ctrl+x-> tekan y-> enter

9. kemudian aktifkan modulnya dengan perintah "a2ensite subdomain.conf"

10. selanjutnya saya restart apache2 degan perintah "/etc/init.d/apache2 restart"

11. kemudian saya menambahkan satu baris konfigurasi paling bawah pada file db.smkn1pct. saya tambah dengan sub  IN  A  192.168.24.2. untuk masuk file konfigurasi ini ketik perintah "nano db.smkn1pct"

12. selanjutnya lagi pada file db.192, saya tambahkan 2  IN  PTR  sub.smkn1pct.sch.id ,untuk masuk file konfigurasi ini ketik perintah "nano db.192"

13. kemudian saya tes pada web browser dengan memasukkan alamatnya sub.smkn1pct.sch.id dan hasilnya bisa

sekian ,,semoga bermanfaat

referensi: 
ebook tkj (konfigurasi debian server)
http://septianblc.blogspot.co.id/2017/01/konfigurasi-subdomain-di-debian-86.html

0 komentar:

Posting Komentar