Kamis, 02 Maret 2017

Mengatasi error "WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED"


Assalamualaikum wr.wb
Kesempatan baik untuk saya dapat berbagi pengalaman, permasalahan saya adalah terdapat error "WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED" saat akan meremote server saya, hal ini terjadi setelah melakukan instal ulang server saya. Langsung saja kita selesaikan.

a. Pengertian
Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk layanan jaringan operasi aman melalui jaringan yang tidak aman. Contoh aplikasi paling dikenal adalah untuk remote login ke sistem komputer oleh pengguna.
SSH menyediakan saluran aman melalui jaringan yang tidak aman dalam arsitektur client-server, menghubungkan aplikasi client SSH dengan server SSH. Aplikasi umum meliputi remote login baris perintah dan perintah eksekusi jarak jauh, tetapi setiap layanan jaringan dapat diamankan dengan SSH. Spesifikasi protokol membedakan antara dua versi utama, disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

b. Latar Belakang 
Masalah terjadinya masalah error "WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED" biasa kerap terjadi saat kita menginstal ulang server. Mungkin dikarenakan hostname yang sama dengan hostname yang lama. Untuk mengatasiny a kita hapus yang lama dan ganti yang baru

c.Alat dan bahan
Mengalami masalah error "WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED"
  
d. Tujuan
Mengatasi error "WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED"

1. Ketika saya ingin login ke server baru saya, tampilan yang ada seperti gambar dibawah. Menurut error di atas adalah memaksa file "/home/usermu/.ssh/known_hosts" di hapus dan di ganti dengan tanda tangan yang baru.



2. Kemudian saya menghapusnya dengan mengetikkan  ssh-keygen -f "/root/.ssh/known_hosts" -R 192.168.24.2 , perintah ini dapat kalian lihat pada gambar diatas yang ada dalam kotak biru.

3. Saya coba remote ssh lagi, ternyata bisa


Selesai 
Semoga bermanfaat dan Terimakasih

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar