Kamis, 16 Maret 2017

ubah file size upload agar bisa upload file besar pada owncloud

Assalamualaikum wr.wb
hallo teman, apa kabar..
seperti biasanya saya shareing tentang hal yang saya lakukan, kali ini saya shareing  bagaimana mengubah size file upload dan post max filesize pada owncloud. Langsung saja diikuti yuk..

a. Pengertian
b. Latar Belakang
pada dasarnya seorang administrator owncloud  akan melakukan upload file dan dapat diakses oleh user. nah,,dari file yang diupload tersebut pastinya ada yang melebihi ukuran 2MB. maka disini ukuran file upload pada owncloud akan diubah sesuai kebutuhan.

c. Tujuan
agar kita dapat mengupload file yang ukurannya besar atau lebih dari 2MB

d. Alat dan Bahan
-laptop
-sudah menginstall owncloud

e. Langkah-langkah
1. pada saat saya hendak mengupload file yang ukurannya 26,9 MB, ternyata terdapat error seperti gambar berikut. ini terjadi karena ukuran default upload ffile dibatasi hanya 2MB

2. untuk mengatasi masalah diatas, langkah pertama adalah masuk terminal linux sebagai super user


3. kemudian untuk mengatur file sizenya silahkan edit file php.ini ,ketikkan perintah nano "/etc/php5/apache2/php.ini" seperti pada gambar berikut ini.


3. Selanjutnya cari kata "post_max_size". Untuk mempermudah carinya silakan kalian tekan  ctrl+w lalu ketikkan kata yang ingin kalian cari.

4. nah,,jika sudah ketemu, disitu biasanya terlihat ukuran maksimal post filenya 8M, kalian bisa menggantinya sesuai kebutuhan kalian. Disini saya ganti 500M

5. Kemudian cari lagi kata upload_max_filesize, dengan cara yang sama tekan ctrl+w -> tulis kata yang dicari

6. jika sudah ketemu, disini terlihat ukuran upload max filesize biasanya 2M, disini saya ganti 500M


7. restart apache2, ketik perintah "service apache2 restart"

8. kemudian saya coba kembali mengupload file di atas 2 mb. Cari filenya -> open

9  dan hasilnya ternyata bisa

sekian, semoga bermanfaat

referensi:
http://ferryardiansyah2000.blogspot.co.id/2016/09/menambah-kapasitas-upload-pada-owncloud.html

0 komentar:

Posting Komentar