Senin, 20 Maret 2017

tutorial install dan konfigurasi webmin server debian 8.6


assalamualaikum wr.wb
halo sobat,, apa kabar.?? baik pastinya ya : )
hari ini saya dapat hal yang menurut saya baru, ya kali ini saya share lagi dan semoga bermanfaat juga. disini saya menginstal dan konfigurasi webmin. apa itu webmin ?? berikut ada sedikit pengertian dan langkah installnya

a Pengertian 
jadi menurut web resminya www.webmin.com  yang sudah saya translate, webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix. menggunakan web browser modern, anda dapat mengatur akun pengguna, apache, DNS, file sharing dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit Unix file konfigurasi seperti /etc/passwd, dan memungkinkan anda mengelola sistem jarak konsol atau jarak jauh. 

b. Latar Belakang
Webmin ini memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh. Jadi selain mengunakan remote access secara CLI yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.

c. Tujuan
 Sebagai administrasi sistem untuk Unix, memantau dan mengatur sistem berbasis web

d. Alat dan bahan 
- PC Server
-Laptop
-Koneksi Internet
-Webmin

c. Langkah-langkah
1. pertama saya download terlebih dahulu webminnya di web resminya http://www.webmin.com/

2. jika sudah terdownload, langkah selanjutnya saya mengcopy file dari laptop ke server, saya menggunakan scp untuk mengcopy. 
"scp webmin_1.831_all.deb enggar@192.168.24.2://home/enggar" seperti pada gambar berikut.

3. kemudian pastikan file sudah tercopy dan ada pada server. ketik perintah "ls" untuk melihatnya

4. sebelum menginstall webmin saya install dependensi paket yang dibutuhkan webmin dahulu. ketik perintah "apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python"
tekan y ->enter
tekan y -> enter -> tunggu proses selesai

5. setelah install dependensi, kemudian install webminnya. ketik perintah "dpkg -i webmin_1.831_all.deb"
tunggu hingga selesai.

6. seperti pada gambar diatas webmin sudah terinstall dan dapat diakses melalui domain atau ip server dengan layanan https dan mengakses port 10000. nahh,, sekarang saya akan coba dengan memasukkan "https://smkn1pct.sch.id:10000".
jika terdapat seperti gambar berikut maka, pilih Advanced -> kemudian Add Exception


7. kemudian klik Confirm Security Exception

8. kemudian akan masuk pada halaman login webmin. saya masukkan username : root dan password : (password server)

9. nah,, saya sudah masuk dashboard webmin

sekian dan terimakasih : )

referensi :
http://webmin.com/deb.html




0 komentar:

Posting Komentar