Rabu, 01 Maret 2017

Konfigurasi NTP Server Agar Waktu Sinkron


Assalamualaikum wr.wb
Berjumpa lagi dengan saya, seperti biasanya disini saya ingin shareing tentang apa yang baru saja saya lakukan, yaitu bagaimana mengkonfigurasi NTP server. Langsung saja ya teman-teman. Berikut ada sedikit pengetahuannya dan cara konfigurasinya.

a. Pengertian
NTP kepanjangan dari Network Time Protokol, yaitu merupakan protokol jaringan untuk sinkronisasi jam antara sistem komputer melalui paket-switched variabel- latency jaringan data. NTP dimaksudkan untuk menyinkronkan semua komputer yang berpartisipasi untuk dalam beberapa milidetik dari Coordinate Universal Time (UTC).

b. Latar Belakang
 NTP merupakan protokol jaringan untuk sinkronisasi waktu, yang digunakan untuk menyinkronkan atau menyamakan waktu pada sebiah sistem komputer.

c. Tujuan
Untuk menyinkronkan waktu

d. Langkah-langkah

1. Silahkan install terlebih dahulu paket ntp (server) dan ntpdate (client). Ketikkan perintah "apt-get install ntp ntpdate"


2. Kemudian langkah selanjutnya mengkonfigurasi ntp-server di /etc/ntp.conf ,silahkan ketik perintah " nano /etc/ntp.conf " untuk konfigurasi

3.  Selanjutnya kalian cari baris tulisan (server 0 ..dst), kalian dapat mencarinya dengan menekan Ctrl+w kemudian tulis yang ingin kalian cari.

4.  Nah, perhatikan gambar berikut. Seperti inilah baris tulisan (server 0..dst) tadi. Silahkan kalian mengedit dengan menambahkan tanda # pada awal tulisan setiap server dari server 0-3. Kemudian kalian tambahkan lagi pada bagian terbawah dari keempat server tersebut, seperti ini "server 127.127.1.0"


5. Kemudian geser kebawah lagi, cari tulisan "#restrict 192.168.123.0 mask 255.255.255.0 notrust". Lalu tulisan tersebut silahkan dihilangkan tanda pagarnya, kemudian edit tulisan menjadi "restrict 192.168.137.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap", lalu simpan.


6. Selanjutnya restart ntp, ketikkan perintah "service ntp restart " atau bisa juga dengan "/etc/init.d/ntp restart"

7. Kemudian cek ntp-server local sudah bekerja dengan baik atau belum. Ketikkan perintah "ntpq -p". Jika pada bagian jitter bernilai 0.000 atau 0.001 berarti sudah benar, jika belum coba kalian periksa kembali file ntp.conf

8. Lalu coba kalian tes terlebih dahulu melalui server debian langsung dengan
perintah "ntpdate -u 127.0.0.1"

Sekian dan terimakasih

Referensi :
ebook Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom

0 komentar:

Posting Komentar