Senin, 27 Maret 2017

Mail Server dan Webmail Server Dengan Squirrelmail di Debian 8.6

 
Assalamualaikum wr.wb
Seperti biasanya, saya share yang saya dapatkan. Kali ini saya konfigurasi Mail server dan mail servernya squirrelmail. Langsung saja ikuti prosesnya.

a. Pengertian
Mail Server adalah sebuah aplikasi yang menerima e-mail dari pengguna lokal (dari domain yang sama) maupun pengirim remote dari jaringan lain (internet). Mail Server juga mampu mem-forward e-mail tersebut ke Mail Server lainnya untuk dikirim. Sedangkan webmail (atau email berbasis web) adalah setiap klien email diimplementasikan sebagai aplikasi web yang berjalan pada web server . Contoh software webmail yang Roundcube dan SquirrelMail .

b. Latar Belakang
 Saling kirim mengirim surat/ email kepada pengguna.
 
c. Tujuan
Mengirimkan e-mail kepada antar pengguna

d. Alat dan bahan
-Pc server
-Laptop
-Koneksi Internet

e. Langkah-langkah
1.  Pastikan sudah konfigurasi dns, konfigurasi yang saya maksud disini ialah adanya baris

“@  IN   MX   2   mail.smkn1pct.sch.id” atau “ mail    IN   A   192.168.24.2 ”


2. Pertama saya menginstall postfix dan couriernya dengan perintah "apt-get install postfix courier-pop courier-imap" seperti pada gambar berikut.

   enter saja
  pilih y enter

3.  Kemudian akan mucul dialog seperti pada gamabr berikut, enter saja.

4. Pada dialog dibawah saya pilih Internet Site -> tekan tab ->pilih Ok ->enter

5. Nahh,, pada kotak dialog seperti gambar dibawah ini, masukan domain yang sudah di konfigurasikan di dns server tadi yaitu “mail.smkn1pct.sch.id” lalu tekan tab -> pilih ok -> enter

6.  Pada kotak dialog "Create directories for web-...." pilih yes

7. Lanjut proses instalasi, tunggu hingga selesai.

8. Selanjutnya saya buat folder mail, perintahnya "maildirmake /etc/skel/Maildir"

9. Kemudian edt file main.cf ,ketik perintah "nano /etc/postfix/main.cf"

10. Pada bagian paling bawah konfigurasi tambahkan baris home_mailbox=Maildir/  seperti pada gambar berikut.

11.  Selanjutnya saya ketik perintah "dpkg-reconfigure postfix"

12. Langka berikut sama seperti langkah diatas tadi, ini hanya langkah re-install tetapi dengan konfigurasi yang diubah oleh konfigurasi kita.Tekan enter.

13. Pilih Internet Site -> tekan Tab -> Ok -> enter

14. Langsung tekan tab ->pilih Ok ->enter

15. Selanjutnya saya diminta memasukan postmaster, ini saya kosongkan saja. Lalu tekan Tab -> Ok -> enter

16. Selanjutnya muncul seperti gambar dibawah untuk alamat - alamat penerima email , saya biarkan default saja.

17. Kemudian kotak dialog seperti gambar dibawah, saya pilih No.

18. Pada kotak dialog “Local network” saya menambahkan “0.0.0.0/0”, lalu ok

19. Pada kotak dialog "Use procmail for..." saya pilih No

20. Lalu di dialog seperti gambar berikut, biarkan default saja.

21. Langsung tekan tab -> pilih ok -> enter

22. Pada pemilihan internet protokol, saya pilih ipv4

23. Lanjut proses install, tunggu hinga proses selesai.

24. Setelah mailserver terinstall kemudian saya restart postfix , cuirier-pop, courier-imap dengan perintah :
#service postfix restart
#service courier-pop restart
#service courier-imap restart
#service bind9 restart


24. Kemudian saya menambah User baru, disini saya tambahkan 2 user untuk nanti percobaan yaitu andri dan anto

25. Langkah selanjutnya install squirrelmail, ketik perintah "apt-get install squirrelmail"

 tekan y enter saja

  tunggu proses selesai

26. Selanjutnya saya edit file apache2.conf, ketik perintahnya "nano /etc/apache2/apache2.conf"

27. Saya tambahkan baris (Include "/etc/squirrelmail/apache.conf")

28. Restart apache2, ketik perintah "service apache2 restart"

29. Lalu untuk dapat membuka squirrelmail, saya harus buat semaca shortcut dari folder /usr/share/squirrelmail ke /var/www/mail. Ketik perintah "ln -s /usr/share/squirrel/ /var/www/mail"

30. Selanjutnya saya coba buka di web browser, masukkan username password

31. Web mail dengan squirrelmail siap digunakan, untuk kirim pesan klik pada Compose. Selanjutnya dapat dicoba dengan 2 user yang dibuat tadi.

Demikianlah, semoga dapat bermanfaat. Mohon maaf atas kesalahan, kekeliruan, kesalahpahaman, dan lainnya. Teman-teman dapat berikan sarannya dan kritik. Akhirnya terimakasih. Waalaikumsalam wr.wb

Referensi:
ebook tkj (konfigurasi debian server)
squirrelmail.org
https://en.wikipedia.org/wiki/Webmail

0 komentar:

Posting Komentar